Lompat ke isi utama

Berita

UJIAN PENILAIAN KINERJA PANWASLU EXISTING

a

 Sebanyak 21  orang anggota Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Labuhanbatu Utara, mengikuti seleksi pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk pemilihan atau Pilada 2024.

Seleksi yang dilakukan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Utara  dihelat di Kantor Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Utara, Jln. Perdamaian II No. 09 Kel, Aek Kanopan Kec, Kualuh Hulu Kab, Labuhanbatu Utara.

Penilaian evaluasi kinerja yang diikuti Dua Puluh Satu anggota Panwaslu Existing ini dimulai sekitar Pukul 14.00 - 15.30 WIB.

Seleksi yang dilakukan Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Utara  ini dengan melakukan penilaian evaluasi kinerja dengan soal tes yang telah ditentukan sesuai dengan petunjuk teknis Bawaslu RI.

Cakupan lingkup evaluasi kinerja ini meliputi Penilaian Portofolio Pukul 20.00 - 23.59 Wib dan Penilaian Atasan Langsung yang dimulai Pukul 14.00 - 15.30 Wib.

"Jadi untuk peserta existing ini, aspek kinerja yang dinilai meliputi aspek kinerja institusi dan aspek kinerja individu," kata Maruli Sitorus Ketua Pokja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Utara. 

Menurut Maruli Sitorus, aspek kinerja institusi yang akan dinilai antara lain mencakup beberapa kompetensi diantaranya kemampuan dalam membangun soliditas organisasi, kemampuan dalam melakukan pembinaan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa, kemampuan dalam melakukan pengawasan terhadap tahapan Pemilu, kemampuan dalam mendorong partisipasi masyarakat, pencegahan pelanggaran, dan kemampuan dalam menindaklanjuti pelanggaran dan penyelesaian sengketa antarPeserta Pemilu.

Sedangkan aspek kinerja individu, penilaian difokuskan kepada kinerja individual yang meliputi kompetensi antara lain komunikasi, pengelolaan emosi, pemahaman interpersonal, kepemimpinan, kesadaran sosial, kerjasama, efisiensi, perencanaan, kesadaran organisasi, integritas, inisiatif, analisis, ketelitian, dan kualitas kerja.

 Setelah dilakukan penilaian evaluasi kinerja terhadap jawaban peserta maka Pokja akan mengumumkan Anggota Panwaslu terpilih pada tanggal 1-2 Mei 2024.

Penulis dan foto : Marulianto Situmorang